IBX5AC253C166CBB Manfaat dan Sisi Negatif Perkembangan Internet | Kathleen Caron
Friday, 17 Aug 2018

Manfaat dan Sisi Negatif Perkembangan Internet

Coba Anda tanyakan pada diri Anda sendiri, seberapa sering Anda mengakses internet tiap harinya? Mungkin Anda tidak sadar, intensitas penggunaan internet kita saat ini sudah sangat tinggi sekali. Bahkan bisa dibilang internet sudah menjadi bagian dari hidup kita yang tidak bisa dipisahkan lagi. Internet sudah menjadi milik semua orang mulai dari kalangan atas sampai ke kalangan bawah. Semakin intensnya penggunaan internet sebenarnya merupakan hal yang sangat wajar karena memang internet sudah terbukti memberikan banyak sekali manfaat pada kita. Sebagai contoh yang sangat mendasar adalah bagaimana kita bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat dan mudah. Jika dulu kita harus menunggu siaran berita di radio atau di TV untuk bisa mendapatkan update informasi yang terbaru, sekarang kita tidak perlu harus menunggu lagi. Bahkan kejadian yang terjadi di belahan bumi yang lain bisa kita ketahui seketika itu juga.

Kemudian, jangan lupakan juga bagaimana internet mempermudah urusan komunikasi. Dengan menggunakan internet, saat ini kita bisa berkomunikasi dengan orang yang bahkan lokasinya berada ribuah kilometer dari kita dengan sangat mudah. Kita bisa melakukan perpesanan atau chatting, berkirim email yang bisa langsung mendapat balasan (tidak seperti surat menyurat jaman dahulu), kita bisa melakukan panggilan suara dengan menggunakan internet, dan bahkan kita bisa melakukan panggilan video. Jarak sudah bukan lagi masalah di masa sekarang ini. Bukan hanya masalah kemudahan komunikasi saja, internet juga memastikan bahwa kita bisa menikmati komunikasi dengan murah. Masih belum cukup? Internet juga bisa menjadi sumber hiburan yang tidak terbatas. Coba Anda lihat, berapa banyak game online yang bisa Anda mainkan atau game offline yang bisa Anda download menggunakan internet? Anda bisa menonton film dengan cara streaming. Anda juga bisa menikmati beragam video dari YouTube dan sejenisnya.

Dan sebagai bukti bahwa internet sudah memasuki hampir semua aspek di hidup kita, dunia finansial juga terpengaruh perkembangan internet dengan sangat signifikan sekali. Anda pasti sudah tahu bagaimana sistem toko online atau jasa online sudah sedemikian berkembangnya. Sudah semakin banyak orang yang tidak lagi takut berbelanja online karena keberadaan e-commerce yang semakin banyak jumlahnya. Kita semua bisa memenuhi kebutuhan kita dengan berbelanja online yang terbukti sangat mudah, cepat, dan nyaman. Bahkan, kita saat ini sudah bisa melakukan transaksi secara online. Mau tahu contoh konkritnya? Anda sekarang sudah bisa bayar tagihan air tanpa harus mengunjungi loket PDAM. Sekarang Anda bisa membayarnya secara online. Dunia perbankan pun juga terdampak dengan mobile dan internet bankingnya yang memungkinkan kita untuk melakukan transaksi perbankan secara online kapanpun dan dimanapun.

Kendati demikian, semua hal itu pasti ada sisi negatif dan positifnya. Begitu juga dengan internet. Berbagai macam manfaat yang sudah disebutkan di atas ternyata juga diiringi dengan beberapa sisi negatif. Meskipun sisi negatif dari internet memang dipandang tidaklah sebanyak keuntungannya, namun tetap saja kita patut waspada. Salah satu contoh sisi negatif dari internet adalah kebebasan berekspresi yang dimiliki tiap orang. Semua orang bebas bersuara di dunia maya. Dan kadang kala menjadi kebablasan. Anda pasti sudah pernah mendengar beberapa kasus video tidak senonoh yang beredar di internet. Ya, karena di internet semua orang bebas berekspresi, konten untuk dewasa menjadi semakin bebas untuk diakses juga, bahkan untuk anak kecil. Untungnya, ada semacam firewall yang bisa dipasang oleh orang tua untuk membatasi akses konten yang tidak cocok untuk anak kecil ketika si anak sedang berseluncur di dunia maya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *